Pastikan Pelayanan Adminduk Berjalan Baik, Ditjen Dukcapil Kemendagri Kunjungi Anambas

0
87
Derektur pendaftaran penduduk Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Dr.Ir.David Yama, M, CS.,MA, saat pemantau lansung pelayanan Disdukcapil Anambas dalam program jemput bola pembuatan kartu Identitas Anak (KIA), di Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur. (Foto Junaidi).

Bursakota.co.id, Anambas – Derektur Pendaftaran Penduduk Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Kepulauan Anambas dalam rangka memastikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di wilayah setempat berjalan baik sebagaimana harapan masyarakat.

Direktur Pendaftaraan Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri, Dr.Ir. David Yama, M, SC.,MA, mengatakan Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan perdana di Kabupten Kepulauan Anambas, serta memastikan lansung layanan Adminduk berjalan dengan baik sebagaimana aturan yang berlaku.

“Ini arahan lansung dari Pak Mendagri, untuk itu kami keliling se Indonesia bersama-sama disdukcapil provinsi untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik sebagaimana harapan masyarakat,” katanya di Gedung Kesenian, Jalan M Yusuf, No 2 Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (31/03/2022).

Diungkapkan, kunjungan kerja oleh pihaknya itu terbagi di beberapa wilayah di Indonesia seperti Belu, Nunukan, Sanggau dan juga Anambas.

“Saat ini kami terbagi di beberapa wilayah, khususnya di wilayah perbatasan negara, saya ditugas datang ke Anambas untuk memastikan pelayanannya yang berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, dan Alhamdulillah disducapi Anambas bagus dalam penyanananya ” terangnya.

Dirinya pun turut mengapresiasi layanan Disdukcapil Anambas cukup baik kepada masyarakat yang dibuktikan dengan terpenuhinya target indikator keberhasilan nasional di Kemendagri, dari 10 indikator penilaian Nasional 8 diantaranya telah terlampaui. Sementara itu 1 lagi sedang berlajalan berproses sudah dapat profile dari pusat dan 1 lagi juga sedang berproses dengan kepala desa itu buku pokok pemakaman.

“Tenyata Anambas dari 10 indikator, 8 diantaranya sudah melampaui target nasional. Jadi saya lihat dibulan juni besok maksimal dukcapil Anambas sudah mencapai target level 4 (empat), artinya level sempuna, level paling baik, karena hanya 10 indikator penelian di pusat, 8 (delapan) sudah dipenuhi dan 2 (dua) sedang di proses,” ungkapnya.

Dengan capaian tersebut, ia juga berharap, disdukcapil Kabupaten Anambas dapat terus meningkat layanannya dan didukung oleh politik yang baik serta dukungan kepala daerah yang maksimal.

“Harapan dari Pak Menteri, Dukcapil se indonesia ya begini, maksimal melayani dari pintu ke pintu,” harap Derektur Pendataftaraan Penduduk Direktorat Ditjen Dukcapil Kemendagri, David Yama.

Dikesempatan sama, Pelaksan tugas (Plt) Kadisdukcapil Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurgayah menyambut baik baik kunjungan Derektur Pendataftaraan Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri tersebut, ia mengaku dengan adanya kujungan itu dapat mendorong maksimalnya pelayanan adminduk kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita tentunya senang dengan kujungan kerja pak direktur dan rombongan, hal ini dapat meningkatkan kompetensi dan ilmu buat kita,” akuinya.

Kemudian saat ditanyai terkait dengan target penilaian 10 indikator nasional menuju level 4, ia pun merasa bersyukur dan berharap tingkat pelayanan dan kepercayaan masyarakat dapat lebih meningkat lagi.

“Prosesnya sudah berjalan dan kita saat ini tengah menunggu terdaftarnya penilaian itu di pusat, kemungkinan bulan Juni lah,” ujarnya.(Jun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here