PEM Akamigas Terima Seleksi Mahasiswa Baru, Berikut Persyaratannya

0
28
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Indra Joni (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah telah membuka seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) khusus putera-puteri asal Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) yang mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Penerimaan mahasiswa baru tersebut, tersedia melalui jalur kerjasama CSR (Beasiswa) Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dengan Medco E&P Natuna sebanyak 3 orang dan 3 orang dari Premier Oil Natuna Sea BV dan Jalur Umum (Biaya Sendiri) sebanyak 15 orang.

PMB tersebut telah memasuki tahap pendaftaran administrasi yang dibuka sejak Rabu 18 Mei 2022 dan akan ditutup pada Minggu 25 Juni 2022 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Natuna, Indra Joni.

“PEM Akamigas telah membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru khusus untuk 21 orang putera-puteri asal Natuna, yang mau melanjutkan pendidikan ke Pem Akamigas. Kouta beasiswa full hanya ada 6 orang dan 15 orang melalui jalur umum atau biaya sendiri,” kata Indra kepada Tribunbatam.id, di ruang kerjanya, Kantor Disdik Natuna, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Jumat (20/5/2022).

Ia menjelaskan, pendaftaran PMB PEM Akamigas dibuka secara online di web “http://bit.ly/DAFTARAKAMIGAS” yang dimulai dengan seleksi adminitrasi.

“Pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 10 Juni 2022. Kemudian dilanjutkan seleksi tertulis dan wawancara pada 13-14 Juni mendatang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, beasiswa kepada 6 putera-puteri daerah terbaik Natuna tersebut merupakan berkat usaha dan kerja keras Bupati Natuna Wan Siswandi, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda dan juga Sekretaris Daerah Boy Wijanarko.

“Awalnya beasiswa ini hanya untuk 4 orang, namun berkat usaha dari Pak Bupati, Wakil Bupati dan juga Pak Sekda sehingga Kouta beasiswa ini bertambah menjadi 6 orang,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Indra berharap agar peserta yang mendaftar lebih banyak mengingat beasiswa melalui kerjasama CSR tersebut merupakan beasiswa full.

Diketahui, adapun Program Study yang dibuka meliputi, Teknik Produksi Minyak dan Gas, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Teknik Instrumentasi Kilang,Teknik Mesin Kilang dan Logistik Minyak dan Gas.

“PEM Akamigas ada 14 jurusan ilmu pendidikan, jadi bagi anak daerah yang hendak melanjutkan pendidikan di sana lebih bisa memilih jurusannya,” ujar Indra.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna yang juga Sekretaris Panitia Seleksi PEM Akamigas, Ulfitra mengatakan, terhitung sejak tanggal pembukaan hingga Jumat 20 Mei 2022 baru 8 orang yang mendaftar.

Ia berharap kedepannya lebih banyaknya lagi yang mendaftar, mengingat jangka waktu pendaftaran yang masih lama.

“Semoga nanti yang mendaftar lebih banyak, biar bisa bersaing dan kita juga bisa melihat kualitas anak daerah perbatasan ini,” tutupnya.

Adapun syarat mendaftar sebagai berikut,:

Lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), Jurusan Ipa, tinggi badan untuk perempuan 155 centimeter dan laki-laki 160 cemtii, sehat jasmani dan rohani, sudah vaksin dosis kedua, tidak buta warna, bebas narkoba, tidak sedang hamil, terdaftar di BPJS Kesehatan, Nilai rata-rata 70 rapot, usia maksimal 21 tahun dan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).(bk/don)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here