Pengiriman Pupuk Subsidi ke Natuna Terkendala Transportasi

0
306
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, Marwan Sjah Putra

Bursakota.co.id, Natuna – Kepela Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, Marwan Sjah Putra menjelaskan, alasan penanaman padi di Desa Mandiri Benih (DMB) belum bisa dilaksanakan karena terkendala dalam ketersedian pupuk.

Seharusnya, awal Mei lalu penanaman serentak sudah bisa dilakukan, namun karena masih ada kendala ketersediaan pupuk, sehingga penanaman benih padi serentak belum bisa dilaksanakan.

“Rencana kita, awal bulan Mei sudah melakukan penanaman serentak di lokasi Desa Mandiri Benih (DMB) di Kecamatan Bunguran Batubi, namun penanaman ini belum bisa dilaksanakan karena pupuk belum tersedia, untuk saat ini di desa mandiri benih masih dalam tahap pengelolaan tanah,”jelas Marwan kepada bursakota.co.id, Rabu (30/06).

Dikatakan Marwan, kedala dalam penyedian pupuk bersubsidi tidak terlepas dari masalah tranportasi dan ketersediaan pedagang pengecer.

“Kendala yang kita alami sekarang dalam menyediakan pupuk tidak lepas dari masalah transportasi dan pedagang pengecer sehingga agak sulit, kemaren ada juga BUMDES yang di kecamatan Batubi yang menawarkan jasa untuk jadi pedagang pengecer, kita akan liat dulu persyaratannya jika memang bisa akan lebih bagus karena akan lebih mempercepatkan proses dalam menyalurkan pupuk bersubsidi,” tuturnya.

Marwan juga menyebutkan, proses pembayaran pupuk bersubsidi telah selesai dibayar pada hari ini.

“Pupuk ini diperkirakan akan sampai pada bulan Oktober, itu menurut pengalaman dari kabupaten yang ada dikepri, namun kita berharap pupuk ini lebih cepat datangnya karena kita akan melaksanakan penanaman,”harapnya.

Menurut Marwan Sjah Putra sektor pertanian dikabupaten Natuna memiliki peluang besar untuk ditingkatkan, karena kewewenangan masih berada didaerah.

“Untuk memenuhi kebutuhan para petani kita selalu berupaya baik dari APBD, APBD Provinsi dan APBN, apakah itu melalui dana DAK maupun dana melalui Kementerian terkait, karena kita ingin mengurangi beban bagi petani kita,” pungkasnya.***dodi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini