Peringati Hari Jadi ke-182, Pemkab Lima Puluh Kota Apresiasi 185 Pegiat Pendidikan

0
302
Foto : Suasana peringatan Hari Jadi Kabupaten Lima Puluh Kota ke-182.

Bursakota.co.id, Lima Puluh Kota – Peringatan hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota ke-182 yang jatuh pada 13 April 2023 dijadikan momentum pemberian penghargaan bagi Pemerintah Daerah dalam mengapresiasi 185 Pegiat Pendidikan, Tahfidz, dan Kebudayaan di Lima Puluh Kota yang telah berprestasi di tingkat Provinsi maupun Nasional. Apresiasi terhadap ketiga insan tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Kamis (13/4/2023).

Dibuka secara resmi oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin, moment apresiasi itu berlangsung dengan hikmat. Nampak wajah bahagia dari peserta yang hadir karena mendapatkan penghargaan pada hari jadi Lima Puluh Kota.

Turut hadir Sekretaris Daerah Widya Putra, Kepala Kantor Kemenag Irwan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lima Puluh Kota Susi Susanti, Ketua Tim Penggerak PKK, Nevi Safaruddin, para asisten, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengapresiasi dan menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan oleh insan pendidikan, tahfidz, dan kebudayaan tersebut.

Menurutnya hal ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan misi daerah yang pertama yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berbudaya dan Berdaya Saing Berlandaskan Keimanan.

Selanjutnya dikatakan bupati, Perbup Nomor 33 Tahun 2022 tentang pedoman penyelenggaraan rumah tahfizd dan Budaya Alam Minangkabau (BAM) pada jenjang SD dan SMP, siswa akan belajar BAM dan tahfizd sebagai muatan lokal di sekolah untuk tahun ajar 2023-2024.

“Kami mengajak seluruh komponen untuk saling bersinergi dan bekerjasama agar program unggulan daerah ini dapat dilaksanakan dan memberi hasil yang maksimal dalam mewujudkan Kabupaten Lima Puluh Kota yang Madani,” ajaknya.

Pihaknya berharap agar setiap unsur masyarakat selalu melakukan upaya peningkatan prestasi di berbagai bidang terutama dalam bidang pendidikan, tahfidz dan kebudayaan.

“Semoga acara sederhana ini memberi makna, dan kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam mewujudkan program unggulan yang telah direncanakan, serta kerjasama dalam mewujudkan masyarakat yang madani.”

“Akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak atas dedikasi yang telah diberikan untuk kemajuan Kabupaten Lima Puluh Kota yang kita cintai,” ucap Safaruddin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lima Puluh Kota, Retyanda menyampaikan bahwa acara penyerahan penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi seluruh insan yang berprestasi.

“Selaku OPD yang bertanggung jawab penuh terhadap tercapainya misi pertama Pemda, Dinas Pendidikan akan terus berupaya maksimal dalam peningkatan prestasi siswa serta berkomitmen akan terus mengembangkan potensi generasi muda yang madani, beradat, dan berbudaya,” ungkap Retyanda.

Pada akhir kegiatan bupati menyerahkan penghargaan secara simbolis terhadap 185 orang. Adapun rinciannya adalah 120 orang berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lima Puluh Kota dengan kategori guru berprestasi bidang menulis, siswa berprestasi bidang tahfizd dan pegiat budaya lisan sijobang.

Sementara itu, terdapat 40 orang penerima penghargaan pendiri dan penyelenggara rumah tahfizd terbaik, dan 25 orang dari siswa berprestasi dari Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota. (Warman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini