Perpustakaan Daerah Anambas Buat Program Pemikat, Tamasya Literasi Bagi Anak-anak

0
41
Anak-anak mengikuti tamasya literasi di Perpustakaan Daerah Anambas (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Anambas – Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) jadikan malam minggu sebagai refrensi tujuan anak-anak bertamasya literasi, Senin (08/08/2022).

Hal ini dijelaskan langsung oleh Kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Reny Perdayanti, S.T., M.Si, bahwa paradikma Perpustakaan sekarang telah berbeda, tidak lagi hanya membaca, melainkan bertamasya literasi, yang mana ini tujuannya memikat minat anak-anak agar gemar berliterasi, selain itu juga dalam upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Anambas, baik anak-anak maupun dewasa.

“Kita menambah jam operasional perpustakaan ini guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya anak-anak, nantinya saat malam minggu mereka bisa menjadikan refrensi sebagai tujuan di malam minggu,” jelasnya.

Dirinya juga menuturkan, pengunjung perpustakaan Daerah (KKA) saat ini dominannya lebih kepada anak-anak, sehingga dihadirkan program yang bertujuan membuat anak-anak tertarik.

“Kita membuat program pemikat anak-anak agar berkunjung ke Perpustakaan. Seperti bintang kunjungan yang merupakan sebuah daftar hadir bagi anak, story telling atau bercerita dan juga Jumat hafalan, yang mana jika anak-anak hafal akan surat pendek al-quran akan diberikan hadiah, begitu juga jika non muslim, akan merangkum cerita dari agamanya secsra langsung di perpustakaan. Dari ketiga program tersebut hadiah yang diberikan seperti pensil warna, kotak pensil dan hadiah menarik bagi anak,” tutur Reny.

Kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Reny Perdayanti, S.T., M.Si,

Kepala Perpustkaan Daerah (KKA) itu, juga menyebutkan bahwa Anambas English Library, yang mana merupakan sebuah program les Bahasa Inggris gratis di Perpustakaan Daerah (KKA) yang telah memasuki tahun ke 2, serta program tersebut masih tersedia kuota bagi siswa SMP.

“Memasuki tahun ke 2, Anambas English Library akan mulai aktif kembali nantinya pada 15 Agustus 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Perpustakaan Daerah setiap Senin s/d Kamis, pukul 15.30 – 17.30 wib, terbagi menjadi 2 kelas yg diperuntukkan untuk siswa SMP dan SMA. Dikarenakan minat dan antusias anak-anak yg luar biasa untuk Kelas SMA sudah full kuota, sedangkan untuk Kelas SMP masih tersedia beberapa kuota siswa lagi dan silahkan mendaftar,” sebut Reny.

Terakhir, Ia juga mengajak masyarakat Anambas khususnya bagi orang tua agar menanamkan budaya literasi sejak dini, yang mana hal ini penting bagi kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah.

“Saya mengajak agar masyarakat Anambas baik orang tua maupun anak mudanya bersama memajukan dunia literasi di Anambas, agar tidak terlalu terlena dengan gadget, karena buku ini penting sebagai jendela dunia dan Perpustakaan terbuka untuk umun,” ajak Reny (Bk/Jun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here