Polindes Kote Sakti Dukung Upaya Puskesmas Lanjut Dalam Pelaksanaan BIAN

0
38
Penyuntikan imunisasi diwilayah Polindes Kote Sakti, Lingga (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Lingga – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga terus melaksanakan Pencanangan Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 dari Kementrian Kesehatan di Kabupaten Lingga.

Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan upaya Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga menutup kesenjangan imunitas kesehatan di masyarakat dampak dari pandemi Covid-19.

SDN 003 Singkep Pesisir terletak di Desa Kote yang wilayahnya masuk dalam lingkup Polindes Kote Sakti menjadi sasaran dalam program BIAN tahun 2022, Jum’at 27 Mei 2022.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan di PAUD Kenanga Desa Kote.

Dari jumlah sasaran 94 orang siswa SDN 003 Desa Kote, baru terealisasi dalam penyuntikan imunisasi 67 orang sedangkan selebihnya masih menunggu karena waktu yang terbatas mengingat hari Jum’at. Sedangkan imunisasi sebelumnya di PAUD Kenanga Desa Kote terealisasi 14 orang siswa.

Foto Bersama

Tenaga medis dari Puskesmas Lanjut Mely Yanti, S.Kep, Ns. Zaimah, S.Kep, Marista Restianti, SE dan Bidan Polindes Kote Sakti Murniati, A.Md, Keb dikerahkan dalam melakukan penyuntikan kepada siswa / siswi SDN 003 Desa Kote.

Penyuntikan imunisasi untuk anak sangat penting dilakukan karena kesehatan anak dapat terjaga hingga menjadi dewasa, kemudian imunisasi ini juga untuk anak kita menjadi pintar saat dewasa. Imunisasi adalah bentuk sebagai antisipasi dan pencegahan terhadap penyakit berbahaya.

Dengan terselenggaranya kegiatan BIAN di SDN 003 Desa Kote Singkep Pesisir dan PAUD Kenanga Desa Kote Kecamatan Singkep Pesisir diharapkan kekebalan dari anak – anak terbentuk, sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi Campak-Rubela, mempertahankan status Indonesia (Desa Kote) Bebas Polio, mempertahankan eliminasi tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis.

“Bagi anak – anak yang belum mendapatkan suntikan imunisasi, diharapkan kepada orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin,”jelas Bidan Murniati.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan BIAN di wilayah Polindes Kote Sakti demi menjaga kekebalan masyarakat dan mencegah terjadinya KLB penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi,”ajak Bidan Polindes Kote Sakti Murniati, A.Md, Keb. (bk/Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here