Satgas TMMD Mulai Sasaran Non Fisik Dengan Penyuluhan Wasbang di SMKN 1 Bungtimla

0
78
Suasana kegiatan penyuluhan Wawancara Kebangsaan Satgas TMMD ke 118 Kodim 0318/Natuna di SMKN 1 Bunguran Timur Laut

Bursakota.co.id, Natuna – Satuan Tugas (Satgas) Tentang Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0318/Natuna selain mengerjakan sasaran fisik, juga melakukan kegiatan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada Siswa.

Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1, Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut pada Jum’at (29/09/2023).

Kegiatan non fisik seperti penyuluhan wawasan kebangsaan menjadi bagian penting dari sasaran yang harus dicapai sebagai bagian tolak ukur keberhasilan atau suksesnya program TMMD itu sendiri.

Kegiatan dipimpin oleh Wakil Komandan Satuan Tugas (Wadan Satgas) TMMD ke 118 Kodim 0318/ Natuna, Mayor Inf Janner Aruan.

Dalam penyampaiannya, Mayor Inf Janner Aruan memaparkan bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara seperti yang tercantum dalam pasal 30 ayat 1 UUD 1945.

“Dimana pasal ini menyebutkan, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Artinya bela negara ialah hak dan kewajiban seluruh warga negara, sesuai dengan posisi, peran dan kedudukan masing-masing,” jelasnya.

Mayor Inf Janner Aruan menambahkan, Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.

Dia juga mengatakan salah satu contoh lainnya dalam bela negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat antara lain seperti melestarikan budaya bangsa, belajar dengan rajin bagi para pelajar, taat akan hukum dan aturan negara serta mencintai produk dalam negeri.

“Bela negara tak sekadar angkat senjata, tetapi juga dengan kekuatan politik dan diplomatik. Bela negara dapat diwujudkan dengan tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah,” ujarnya.

Sementara Kepala sekolah SMKN 1 Bunguran Timur Laut, Mulianda mengucapkan terima kasih kepada Satgas Kodim 0318 Natuna karena memilih SMKN 1 menjadi tempat penyuluhan wawasan kebangsaan TMMD ke 118 Kodim 0318/Natuna.

“Tentunya acara-acara seperti ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa menjadi bekal anak-anak di masa depan,” tuturnya.

Terimakasih juga ia sampaikan kepada seluruh jajaran satgas TMMD ke 118 Kodim 0318/Natuna yang sudah jauh-jauh datang ke SMKN 1 untuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara kepada murid-muridnya.

“Terimakasih pak atas kehadirannya. Kepada anak-anak juga saya harap dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan baik karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab tentang wawasan kebangsaan dan bela negara dengan tujuan warga dan para siswa lebih memahami tentang pentingnya memiliki rasa bela negara yang tinggi. (Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini