Sekdaprov Adi Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-77 PGRI

0
18
Sekda Prov Adi Prihantara memimpin Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun Ke-77 PGRI Tingkat Provinsi Kepri di Gedung Nasional Tanjung Uban, Bintan Utara. (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Bintan – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara memimpin Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun Ke-77 PGRI Tingkat Provinsi Kepri di Gedung Nasional Tanjung Uban, Bintan Utara, Kamis (15/12).

Melalui peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022, upaya pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) terus ditingkatkan kualitasnya dengan peran pengajar dan pendidik.

Upacara sedianya digelar di halaman Gedung Nasional, namun cuaca yang kurang bersahabat membuat upacara harus dilakukan di aula Gedung Nasional. Adi Prihantara dalam kesempatan tersebut menyampaikan pesan dari Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad untuk para guru.

Adi Prihantara menyebutkan di penghujung tahun 2022 ini melandainya penyebaran virus Covid-19 di Kepri telah membuat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) memungkinkan untuk dilakukan. Dengan kembali dibukanya sekolah, diharapkan ketertinggalan capaian pembelajaran selama lebih dari dua tahun ini, dapat diperbaiki sehingga semangat belajar peserta didik kembali tinggi dan meningkat capaian kompetensinya.

“Hikmah penting pasca covid adalah peran guru tidak akan pernah tergantikan oleh teknologi. Guru adalah suluh bangsa terbaik yang menjadikan penerang agar anak bangsa terus berjalan sesuai arah meraih segala asa dan cita,” ujar Adi Prihantara.

Dengan perubahan zaman yang semakin dinamis dan berkembang, pengurus dan anggota PGRI di semua tingkatan harus adaptif merespon segala perubahan dengan saling belajar dan berbagi. Perangkat kelembagaan PGRI seperti Lembaga Kajian Kebijakan Pendidikan, Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS), PGRI Smart Leaming and Character Center (PSLCC), Perempuan PGRI, IGTKI PGRI, Lembaga Pendidikan PGRI, perlu terus dihidupkan agar semakin berdaya.

“Melalui kelembagaan, maka perangkat berbagai kegiatan peningkatan kompetensi seperti bimtek, diktat, lokakarya, dan seminar, dapat menyasar jutaan guru di seluruh tanah air,” lanjut Adi Prihantara.

Keberadaan PGRI disebutkan Adi Prihantara sebagai organisasi profesi telah tumbuh menjadi kekuatan moral intelektual para guru pendidik, dan tenaga kependidikan dalam memperjuangkan
peningkatan harkat martabat anggotanya. Kini, PGRI harus lebih mengedepankan
sikap terbuka/inklusif, dengan memegang teguh etika, saling menghormati dalam spirit organisasi yang mandiri, unitaristik, dan non-partisan.

“PGRI terus menjaga kemitraan yang strategis dar konstruktif dengan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dan menjadi saluran aspirasi para
anggotanya dalam mewujudkan tujuan pendidikar nasional,” ujar Adi Prihantara.

Sebagai apresiasi Pemerintah Provinsi Kepri terhadap jasa para guru, dalam upacara tersebut turut diberikan penghargaan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berdedikasi di Provinsi Kepri.

Penghargaan diberikan kepada Suyatno Kepala SDN 001 Bintan Pesisir, Sugeng Widodo Pengawas SMK Disdik Provinsi Kepri, Parida Kepala SMPN 4 Tanjungpinang, H. Yahya Pengawas SMP Disdik Kota Tanjungpinang, Dewi Puspa Sari Guru SMPN 25 Batam, Ria Murti Kepala SDN 003 Bengkong Kota Batam, Darsudi Pengawas SMP Disdik Kota Batam, Rohaizah Guru TK Satu Atap Sugie Kabupaten Karimun, Istiqamah Kepala Sekolah SDN 002 Meral Kabupaten Karimun, dan sederet guru dan tenaga pendidik berdedikasi lainnya.*(Bk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here