Sempena Hari Ibu, Wansis Ajak Lestarikan Makanan Khas Natuna

0
139
Bupati Natuna, Wan Siswandi S.Sos di suguhkan makanan khas Natuna berbahan dasar sagu oleh ibu-ibu Desa Sungai Ulu

Bursakota.co.id, Natuna – Bupati Natuna Wan Siswandi menghadiri Peringatan Hari Ibu di Desa Sungai Ulu, Dusun Mahligai, kecamatan Bunguran Timur pada Sabtu 18 Desember 2021.

Peringatan hari Ibu sejatinya akan di peringati pada tanggal 22 Desember 2021 mendatang.

Kegiatan yang di inisiasi oleh Desa Sungai Ulu tersebut disejalankan dengan penyerahan bibit kelapa unggul Hibrida dari Dinas pertanian kepada kelompok tani Desa Sungai Ulu.

Dalam peringatan hari ibu ini, Wan Siswandi menyampaikan apresiasinya kepada desa Sungai Ulu yang telah membuat acara untuk peringatan hari ibu.

“Ibu, jadi kita memang harus selalu menghargai orang tua terutama ibu. Berbahagialah bagi yang masih memiliki ibu, karena surga ada di telapak kaki ibu,” ungkap Wan Siswandi.

Dirinya juga terkenang saat mengikuti Pilkada tahun lalu. Dia bercerita tentang besarnya peran seorang ibu, sehingga dirinya meminta doa restu ketika hendak mengikuti Pilkada.

Terkait bantuan kelapa Hibrida terhadap kelompok tani di desa Sungai Ulu, Wan Siswandi berharap desa Sungai Ulu memiliki stok kelapa yang banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tempatan bahkan dapat di jual ke luar daerah.

“Kelapa juga berguna bagi ibu-ibu untuk memasak masakan tradisional, jadi dengan adanya program bantuan kelapa Hibrida ini, setidaknya ibu-ibu tidak susah lagi mencari kelapa untuk memasak,” terangnya.

Wan Siswandi juga menceritakan tentang makanan favorit dirinya, yaitu Tabiel Mando, makanan khas Natuna yang berbahan dasar sagu di campur kelapa.

“Kalau ada Tabiel Mando di padukan dengan gulai ikan memang dunia rasa milik sendiri, apalagi di masak oleh ibu kita sendiri maka kenikmatan makanan ini menjadi berlipat-lipat,” ujar Siswandi.

Selain itu, Wan Siswandi juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan selalu melestarikan makanan khas milik Natuna, baik yang berbahan dasar sagu maupun makanan lainnya.

“Mari kita jaga makanan khas yang kita miliki sebagai budaya Natuna, apalagi makanan khas kita ini bergizi tinggi, sehat dan enak-enak, jadi sangat di sayangkan bila kedepan makanan ini tidak di lestarikan,” tutupnya.

Usai penyerahan bantuan bibit kelapa, Wan Siswandi diminta untuk mencicipi makanan khas Natuna yang di suguhkan oleh para ibu-ibu yang tampil dalam lomba memasak di peringatan hari ibu tersebut.

“Saya pilih Tabiel Mando saja,” kata Wan Siswandi dilanjutkan dengan memberikan bantuan kepada para kelompok ibu-ibu Desa Sungai Ulu. (Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini