Seperti Tahun Sebelumnya, Pemko Payakumbuh Salat Ied di Halaman Balai Kota

0
5
Foto : Pemko Payakumbuh menggelar salat Ied di halaman kantor Balai Kota, Rabu (10/4/2024).

Bursakota.co.id, Payakumbuh – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melaksanakan sholat Ied di halaman kantor Balai Kota Payakumbuh. Dari pantauan media, terlihat ribuan jamaah hadir memadati halaman kantor Wali Kota Payakumbuh tersebut.

Pelaksanaan sholat Ied dalam perayaan Idulfitri 1445 Hijriah/2024 Masehi berlangsung serentak, dimana dari penetapan 1 Syawal oleh pemerintah, maupun dari pihak muhammadiyah telah disepakati dilaksanakan pada Rabu 10 April 2024.

Sebelum sholat ied berlangsung, Ketua PHBI Rudi Noviardi sampaikan laporan keuangan dari PHBI, dan ditunjuk selaku khatib dan Imam ustadz Syar’i bin Sumin (dosen Unand).

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman dalam sambutannya mengatakan, jika bulan suci ramadan telah berlalu meninggalkan catatan indah.

“Yang paling utama sekali kami (Pemko Payakumbuh) sampaikan apresiasi kepada semua warga Payakumbuh yang telah berkontribusi membangun Payakumbuh sehingga Payakumbuh ramah ditempati dengan kaya prestasi,” kata Jasman, baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, bahwasanya saat ini berdasarkan pengumuman dari pemerintah pusat jika Pemko Payakumbuh telah bebas dari status kemiskinan ekstrem. “Semoga ke depannya status ini juga turut diikuti dari status stunting juga, Aamiin yaa robbal’allaamiin,” ucapnya.

Terkait kendala sampah yang dialami Kota Payakumbuh, Jasman turut menyampaikan kembali, jika Kota Payakumbuh pada Desember 2023 silam telah dihadapkan akan masalah sampah, di mana TPA Regional mengalami bencana longsor.

“Alhamdulilah, setelah kita menghadapi masa sulit dalam menghadapi pembuangan akhir sampah kemarin, saat ini cukup membuahkan hasil yang baik.”

“Dimana Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) telah memberikan waktu untuk Pemko Payakumbuh menggunakan TPA Regioanl untuk dua bulan ke depan kita buang sampah lagi di TPA tersebut,” ungkapnya.

Kemudian Jasman tidak bosan untuk mengingatkan kepada warga Kota Payakumbuh yang hadir dalam pelaksanaan sholat Ied 1445 Hijriah kali ini dapat menjaga kebersihan lingkungan, dengan mengumpulkan kembali barang bawaan yang akan menjadi sampah.

“Jangan sampai ditinggal sampahnya, mulai dari diri kita sendiri untuk dapat menjaga kenyamanan lingkungan kita semua,” ingat Jasman.

Lebih lanjut, orang nomor satu di lingkup Pemko Payakumbuh itu mengucapkan selamat datang kepada perantau yang telah pulang dan sampai dengan selamat kembali di Kota Payakumbuh.

“Alhamdulilah, perantau-perantau kita ini telah turut ikut serta dalam berkomitmen untuk memajukan UKM Kota Payakumbuh. Sehingga dengan kehadiran perantau kembali pulang telah membuat pelaku UKM yang ada di Kota Payakumbuh bergairah tanpa henti,” ucap Jasman.

Serta, dengan telah berlalunya musim Pemilu 2024, Jasman sampaikan terimakasih kepada warga Kota Payakumbuh yang sudah menyukseskan Pemilu tersebut.

“Sebentar lagi kita akan menghadapi pemilihan kepala daerah, termasuk Kota Payakumbuh. Semoga Pilkada yang akan kita helat ini nantinya berjalan lancar.”

“Dan mari kita semua memilih pemimpin yang akan membawa Payakumbuh semakin jaya dan lebih hebat lagi ke depannya,” ajaknya.

Diakhir Jasman menyampaikan ungkapkan permintaan maaf yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga Kota Payakumbuh. Selaku pimpinan di lingkup Pemko Payakumbuh saat ini, saya meminta maaf jika saya banyak salah dan kurang dalam menjalani mandat untuk warga Kota Payakumbuh,” tutur Jasman.

Sementara itu, khatib dan Imam sholat Ied Dr. Syar’i dalam khutbahnya menyampaikan banyak hal dalam kesempatan di perayaan Idulfitri 1445 Hijriah, mulai dari makna bulan suci Ramadhan bagi umat, mengingatkan umat manusia untuk selalu menjaga lahir dan bathin untuk dapat menjadi hamba yang baik sehingga kelak mendapatkan hal yang baik pula di akherat. (Warman/Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini