SMKN1 Bunguran Barat Kirim 30 Siswa Magang di Batam

0
1443
Foto bersama di PT Austin Engineering Indonesia Batam

Bursakota.co.id, Natuna – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bunguran Barat terus berupaya meningkatkan kompetensi siswa guna mempercepat serapan di dunia kerja. Salah satunya dengan praktek kerja lapangan (PKL) atau magang di dunia usaha dan industri yang dilakukan di beberapa perusahaan yang ada diluar Kabupaten Natuna.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bunguran Barat, Kasyifal Ghammi Thaib S.Kom menerangkan sebanyak 30 orang siswa SMKN 1 Bunguran Barat diberikan kesempatan untuk magang di luar Kabupaten Natuna tepatnya di Kota Batam.

Penyerahan Cinderamata dari SMKN 1 Bunguran Barat ke PT Austin Engineering Indonesia, Batam

“PKL ini dilakukan selama 6 bulan dari bulan Juli sampai Desember 2023, target kita adalah anak-anak ini betul-betul kompeten dan mendapat sertifikat bahwa dia ahli di bidangnya masing-masing ,” ujar Kasyifal pada Rabu (06/12/2023).

Lanjut Kasyifal, tujuan dilatihnya anak-anak didik ini ke luar daerah selama 6 bulan adalah untuk menciptakan SDM mumpuni. Selain itu juga memiliki pengalaman dibidang industri yang lebih besar.

“Ke depan tantangan dalam dunia kerja akan jauh lebih kompleks, untuk itu kita ingin menciptakan SDM yang handal dan berkualitas,” sebutnya.

Penyerahan Cinderamata dari SMKN1 Bunguran Barat ke PT Sianipak Indonesia Muka Kuning Batam

Kasyifal menambahkan, beberapa siswa yang magang di Kota Batam bahkan sudah ada yang mendapatkan tawaran untuk magang lanjutan serta di tawarkan pekerjaan ketika tamat sekolah.

“Bahkan semua perusahaan memberikan uang saku kepada siswa yg melaksanakan magang diperusahaannya. Ini pencapaian yang sangat luar biasa, semoga menular ke siswa yang lainnya,” harap Kasyifal.

Selain itu, Kasyifal juga memaparkan proses magang siswa dan siswi SMKN 1 Bunguran Barat ditanggung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri melalui APBD Provinsi Kepulauan Riau.

Penjemputan siswa dan siswi magang dari Batam menuju Natuna

“Adapun fasilitas yang diberikan oleh Dinas Pendidikan mulai dari biaya makan minum , transportasi antar jemput, tempat tinggal dan transportasi penyebrangan laut dari Natuna ke Batam,” sebutnya.

30 siswa berasal dari tiga jurusan yakni, Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi Keuangan dan Lembaga dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran.

Para siswa kini tengah melaksanakan PKL di Kota Batam tepatnya di PT. Sanipak Indonesia Muka Kuning Batam, PT. Austin Engineering Indonesia Kawasan Kabil Batam, PT. Broadband Batam, PT. Inconnet Batam, PT. Nettour Batam, PT. Lintas Jakarta Bunguran Batam, PT. Trakindo Utama Batam, PT. Andalas Solution Batam.

Selain itu ada juga 4 orang siswa magang di dalam daerah yakni di Kedai Bank Riau Syariah Sedanau, Kantor Camat Bunguran Barat, Kantor Lurah, Puskesmas dan PNPM Mendu Sedanau. (Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini