Sudah Ditangani KBRI di Hanoi, Raden Bambang Tunggu Proses Pemulangan ke Tanah Air

0
79
Raden menjelang masuk imigrasi, sebelum naik pesawat dari Ho Chi Minh City ke Jakarta. (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Anak Buah Kapal (ABK) KM Bahagia Natuna yang dilaporkan hilang saat melaut dan ditemukan dengan keadaan selamat, kini dalam proses pemulangan ke Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Natuna, Mexianus Bekabel, Jum’at, 20 Januari 2023.

Mexi mengatakan, ABK tersebut telah ditangani oleh Kantor Berita Republik Indonesia (KBRI) di Hanoi, Vietnam. Pihak keluarga maupun agen kapal masih menunggu proses pemulangan ke tanah air.

“Saat ini Raden Bambang, ABK KM Bahagia Natuna yang sempat dinyatakan hilang dan masuk dalam daftar Operasi Pencarian dan Pertolongan oleh Kantor SAR Natuna, dalam proses pemulangan, sudah ditangani pihak KBRI,” ujar Mexi.

Saat ini KBRI di Hanoi, masih berupaya berkoordinasi dengan otoritas berwenang di Vietnam, mengingat yang bersangkutan masuk ke Vietnam tanpa dokumen lengkap, sehingga wajib melengkapi dokumen untuk prosedur pemulangannya.

“Upaya penyelamatan ini menunjukan peningkatan kerjasama Kemaritiman di bidang SAR (Search and Rescue) antar kedua negara yang saling berbatasan, dan ini menjadi momentum positif bagi kedua negara, harapannya momentum ini dapat terus di bangun dan terus menunjukkan peningkatan kerjasama yang baik,” pungkas Mexi.

Sebelumnya, Raden Bambang Firman Alamsyah (18) terjatuh di perairan Natuna sejak tanggal 7 Januari 2023. Akhirnya ditemukan selamat dengan mengapung selama tiga hari menggunakan kayu tanpa makan dan minum.

Raden akhirnya ditemukan oleh nelayan Vietnam pada tanggal 10 Januari 2023. Kemudian oleh nelayan Vietnam ia diserahkan kepada pihak Border Guard Vietnam (BGV) untuk diinformasikan kepada KBRI di Hanoi pada 12 Januari.

Mengetahui hal itu, pihak KBRI langsung menghubungi pihak keluarga di Kabupaten Karimun, bahwa Raden saat ini dalam keadaan selamat dan baik tengah berada di kota Nha Trang, Khan Hoa Vietnam dan telah di Tangani oleh pihaknya (13/1).

Selanjutnya, Basarnas berkordinasi dengan KBRI Hanoi terkait kebenaran informasi penemuan seseorang di Perairan Laut Vietnam, dan telah memastikan bahwa yang ditemukan adalah salah satu ABK KM Bahagia Natuna asal Karimun.(Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini