Tim SAR Gabungan Evakuasi 7 WNA Penumpang Yacht Eagle Wings yang Bocor di Perairan Anambas

0
208
Foto : Tim SAR Gabungan Evakuasi tujuh orang Warga Negara Asing (WNA) penumpang Yacht Eagle Wings di Perairan Pulau Mentayu, Kabupaten Kepulauan Anambas

Bursakota.co.id, Natuna – Tim SAR Gabungan Evakuasi tujuh orang Warga Negara Asing (WNA) penumpang Yacht Eagle Wings di Perairan Pulau Mentayu, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Basarnas Natuna melalui Pos SAR Anambas bersama unsur TNI, Polri dan Imigrasi serta sekelompok Nelayan Kiabu Anambas berhasil mengevakuasi sebanyak tujuh warga Negara Asing menuju Pelabuhan Pemda Tarempa KKA. Minggu (30/07) siang.

Adapun kronologis proses evakuasi yang dihimpun dari personel di Anambas, pada pukul 11.30 wib Tim SAR Gabungan tiba di LKP dengan membawa 1 unit Water Pump bersama dengan unsur TNI dan Polri. Setelah menyerahkan alat tersebut dan berkomunikasi dengan pihak ABK Yacht Eagle Wings didapat informasi sebanyak tujuh orang penumpang telah di Evakuasi oleh kelompok Nelayan Desa Kiabu, Anambas menuju Pelabuhan Pemda Tarempa Anambas dan empat orang ABK bertahan untuk memperbaiki kerusakan penyebab kebocoran kapal.

Sementara penyebab kebocoran diduga terletak pada kerusakan unit pompa air pendingin mesin pada kapal. Setelah kapal mendapat penanganan lebih lanjut oleh para ABK dengan bantuan Water Pump yang dibawa dari Tarempa dan kondisi Kapal dirasa semangkin stabil Tim SAR Gabungan yang tergabung dalam RIB 02 Natuna bergerak kembali menuju Pelabuhan Pemda Tarempa.

Sekita pukul 13.45 Wib Kapal Nelayan Anambas yang tergabung pada proses Evakuasi berhasil Tiba dengan Selamat di Pelabuhan Pemda Tarempa, dengan Selamat dan Sehat disertai oleh RIB 02 Natuna.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna, Abdul Rahman bersyukur dengan respon cepat masyarakat belayan dan para personel dengan dukungan Instansi terkait TNI, Polri, Imigrasi dan Pemda Anambas, Evakuasi penumpang dan Perbantuan terhadap Kapal tersebut bisa dilakukan dengan baik.

“Terimakasih atas peran serta Masyarakat Nelayan Kiabu khususnya, dan seluruh unsur Tim SAR Gabungan meliputin TNI, Polri dan pihak Imigrasi. Yang terpenting adalah seluruh penumpang dapat tertolong dan kondisinya selamat dan sehat. Kita berterimakasih dan mengapresiasi dukungan dan kerjasama yang telah terjalin,”pungkasnya.

Dengan telah di Evakuasi WNA kapal Yacth Eagle Wings ke Pelabuhan Pemda Tarempa, maka Operasi Pencarian dan Pertolongan diusulkan di tutup.

“Seluruh unsur bantuan dikembalikan ke satuan masing-masing,”jelasnya.

Diketahui Yacht Eagle Wings menempuh pelayaran dari Nongsa Batam menuju Anambas. Dengan membawa total empat orang ABK dan tujuh orang penumpang dengan data sebagai berikut ;

Data Kapal :
Nama Kapal : Eagle Wings
Bendera : Malaysia Rute Kapal : Nongsa (Batam) – Anambas

Data Crew
1. Nama : Iman Bin Mohala (Singapura)
2.Nama : Muhammad Syahrom Bin Mansor (Singapura)
3.Nama : Phan Jia Xuan Gladys (Singapura)
4.Nama : Muhammad Firly Bin Abdullah (Singapura)

Data Penumpang
1. Nama : Chow Henry Joseph (63) Lakis (Singapura)
2. Nama : Tupaz Grace Angela (59) Perempuan (Singapura)
3. Nama: Lia Ara Colette Mace (18) Perempuan (Singapura)
4. Nama : Hong Aun Zhing (32) Lakis (Malaysia)
5. Zoe Ara Nikky Mace (7) Perempuan (Singapura)
6. Erwan Jean Jacques Mace (50) Lakis (Prancis)
7. Joseph Sara Keshia (35) Perempuan (Singapura)

Editor : Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini