TNI Angkatan Laut Mengajak Masyarakat Laksanakan Gerakan Laut Bersih di Kepulauan Anambas

0
70

Bursakota.co.id, Anambas – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut Tahun 2022, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla menyelenggarakan Gerakan Nasional Laut Bersih seiring dengan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 yang di gelar oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang berpusat di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta, Rabu (07/09/2022).

Pelaksanaan Gerakan Nasional Laut Bersih Lanal Tarempa merupakan rangkaian kegiatan dari Gerakan Nasional Laut Bersih di 77 lokasi Satuan Komando Wilayah (Satkowil) dan Satuan Non Komando Wilayah (Satnonkowil) TNI Angkatan Laut. Adapun kegiatan diawali dengan pernyataan dimulainya Gerakan Nasional Laut Bersih oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Vicon bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dilanjutkan dengan pameran hasil olahan sampah dan Penyerahan Rekor MURI atas pelaksanaan Gerakan Nasional Laut Bersih terbanyak oleh TNI Angkatan Laut.

Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 di Lanal Tarempa dilaksanakan di perairan Teluk Tarempa dengan pengibaran Bendera start tanda dimulainya kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, S.H. didampingi oleh Danlanal Tarempa dan jajaran Forkopimda Kepulauan Anambas.

Kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih Lanal Tarempa ini diikuti oleh stackholder diantaranya Polair Polres Kepulauan Anambas, Koramil 02 Tarempa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Anambas, Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar, Dinas Perhubungan Laut dan Lingkungan Hidup Kepulauan Anambas, Pengurus Cabang 3 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I, Saka Bahari dan masyarakat Nelayan Kepulauan Anambas.

“Pada hari ini kami melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-77 Tahun 2022, saat ini kami beserta seluruh instansi kemaritiman membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk melaksanakan pembersihan laut yang kami laksanakan dari mulai jembatan Selayang Pandang (SP) 2 sampai dengan pemukiman warga di Desa Tarempa Barat sampai dengan Desa Sri Tanjung. Alhamdulillah personil yang kami libatkan kurang lebih ada 100 personil dengan menggunakan Unsur Patkamla Tarempa dan kurang lebih 10 alat transportasi laut baik dari Lanal Tarempa, Polair Polres Kepulauan Anambas, BPBD, Kapal Tradisional (pompong) warga dan Perahu Karet untuk melakukan pengambilan sampah di laut,” ucap Danlanal Tarempa.

“Melalui Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Tarempa peduli terhadap kebersihan laut untuk membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, selain itu juga untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga terjaga kesehatan masyarakat dan keindahan laut,” tambah Letkol Laut (P) Yovan.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada TNI Angkatan Laut dalam hal ini Danlanal Tarempa yang telah turut serta peduli terhadap kebersihan laut di Kepulauan Anambas.

“Semoga acara Gerakan Nasional Laut Bersih ini sukses dan sesuai dengan harapan bersama” ucap Abdul Haris.

Acara dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa, Polres Kepulauan Anambas, Kacabjari Natuna di Tarempa, Lanudal Matak, Danramil 02 Tarempa, Kasatpolair Polres Anambas, Kasatpol PP dan Damkar Kepulauan Anambas, Camat Siantan, Kades Tarempa Barat, Lurah Tarempa, BPDB Kepulauan Anambas, Ketua dan Pengurus Cabang 3 Korcab IV DJA I, Saja Bahari dan masyarakat Nelayan Siantan berjalan dengan aman dan lancar. (Rls/Jun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini