Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 di Polda Kepri

0
48

Bursakota.co.id, Batam – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 94 dilaksanakan di Lapangan Upacara Polda Kepri dengan mengangkat tema Bersatu Bangun Bangsa.

Upacara berlangsung penuh dengan Khidmat, hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si selaku Inspektur Upacara, Irwasda Polda Kepri dan Pejaba Utama Polda Kepri serta seluruh personel Polda Kepri, Jumat (28/10/2022).

Membacakan Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali, Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si mengatakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah ″Bersatu Bangun Bangsa″.

Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawaritahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Selanjutnya dalam arahan langsung Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si menekankan ″Hari sumpah pemuda dan ini sangat penting sekali dan juga tadi pak menteri sudah sangat jelas sekali memberikan gambaran kepada kita semua, bahwa sumpah pemuda ini yang menjadi landasan dari proklamasi negara kita″.

″Dengan sumpah pemuda mereka membentuk identitasnya sebagai Indonesia dan sejak itu perjuangan pergerakan baik dari segi fisik maupun dari perjuangan idiologi, perjuangan melalui organisasi dan sebagainya, mereka lakukan untuk bangsa dan negara kita, Jadi pemuda tidak diartikan usia muda bagi saya, tetapi pemuda orang yang selalu bersemangat ingin membangun bangsa dan negaranya ingin berkarya untuk lingkungan dan masyarakat Indonesia,”tegas Kapolda.

″Kepada rekan-rekan semuanya terutama anggota Polri tetap semangat sampai akhir pengabdian kita, tetap semangat terus untuk bangsa dan negara kita, hilangkan identitas apapun, identitas kita cuma negara Republik Indonesia,”tutup Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si.(Bk/Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here