Wabup Anambas Buka Pelatihan Pengelolaan Pondok Wisata di Desa Munjan

0
221
Wabup KKA, Wan Zuhendra membuka pelatihan pengelolaan homestay di desa Mujan (foto Junaidi)

Bursakota.co.id, Anambas – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar pelatihan pengelolaan usaha homestay atau pondok wisata di Desa Munjan, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (22/11/2021).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra serta didampingi anggota DPRD Anambas Komisi III Ahmad Yani.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Budaya Anambas, Masykur menjelaskan adapun tujuan dari kegiatan itu adalah meningkatkan pengetahuan, inovasi dan kompetensi pengelolah usaha homestay atau pondok wisata, sehingga mereka lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan bagi wisatawan.

“Tujuannya untuk membuat pengembangan pengelolaan homestay khususnya pada desa-desa wisata di Kabupaten kepulauan Anambas,” jelas Maskur.

Lebih lanjut Maskur menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dan peserta yg mengikut kegiatan tersebut terdiri dari 9 desa dan dimana mengerim 4 perwakilan.

Sementara itu, Wabup Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, mengatakan bahwa pemerintah daerah akan selalu mendukung segala kegiatan yang membantu masyarakat dalam mengembangkan wisata.

“Kami selaku pemerintah akan selalu mendukung tentunya dalam skill, aspek dan di hari ini tentunya dalam pengelolaan homestay,” kata Wabup Wan Zuhendra.

Lanjut, ia juga mengatakan bahwa wisata tidak juga harus dikembangkan oleh investor luar, tetapi juga harus dikembangkan oleh masyarakat itu sendiri.

“Kita juga berharap pariwisata ini tidak saja hanya di kembangkan oleh para invistor luar saja, tapi pariwisata juga tetap harus di kembangkan oleh masyarakat lokal, sehingga potensi masyarakat lokal bisa dikembang untuk wisata kita di Anamabas,”katanya.

Wan Zuhendra juga berpesan kepada para Peserta dapat menyerap ilmu yang di sampaikan dalam pelatihan tersebut sehingga nantinya masyarakat bisa mengembang pariwisata terlebih di bidang homestay.***(Jun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here