Waspada Aksi Penipuan Modus Lelang Mobil dan Motor Murah

0
46
Lelang mobil. foto (ilustrasi)

Bursakota.co.id, Kepri – Masyarakat diminta untuk mewaspadai aksi penipuan dengan modus lelang mobil dan motor dengan harga yang murah, dengan mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Salah seorang warga Tanjungpinang, Kamis (16/09), Kepulauan Riau, Okin, nyaris menjadi korban penipu yang menjual nama Bea Cukai.

“Dia (penipu) itu beberapa hari lalu menghubungi saya dengan menggunakan nomor ponsel 081357551726, kemudian mengaku sebagai saudara saya. Suaranya memang mirip dengan suara saya. Kemudian hari ini menawarkan untuk membeli mobil atau motor yang dilelang Bea dan Cukai. Lokasinya tidak diinformasikan dia,” katanya.

Sang penipu mengaku bernama Rustam. Penipu itu kemudian minta Okin berdoa agar mobil maupun motor yang dilelang tersebut dapat dibeli dengan harga murah.

“Saya sempat tergiur karena harga mobil dan kendaraan baru yang ditawarkan jauh di bawah harga pasaran,” katanya.

Namun ketika penipu itu mengirim pamflet berupaya jenis mobil dan motor, yang mengatasnamakan Ditjen Kekayaan Negara, Okin baru menyadari bahwa itu penipuan karena sejumlah merek mobil yang ditawarkan, tidak pernah mengeluarkan produk baru.

“Saya kemudian menyelidiki melalui nomor ponsel penipu itu, ternyata penipu itu tinggal di Tapanuli Utara. Sementara KTP-nya berasal dari Kepulauan Meranti, Riau,” katanya.

Penipu itu pun langsung memblokir nomor Okin.

“Saya yakin banyak orang yang ingin ditipunya. Ini harus segera dituntaskan,” ucap Okin.

Ditjen Bea dan Cukai mengimbau warga untuk berhati-hati dalam menyikapi berbagai modus penipuan yang dilakukan orang tertentu dengan mengatasnamakan Ditjen Bea dan Cukai maupun institusi lainnya di bawah Kementerian Keuangan.

Ditjen Bea dan Cukai melalui akun instagram kerap mengingatkan warga untuk tidak tergiur dengan apapun yang ditawarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.(***Kristanto)

Editor: Paturrrahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here