Babinsa Sri Tanjung Serka Edy Syahputra Berharap Desa Binaanya Bebas Stunting

0
143

Bursakota.co.id, Sri Tanjung – Stunting adalah kondisi gagal dalam tumbuh kembang pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan.

Dalam hal tersebut, Babinsa Desa Sri Tanjung Koramil 02/Tarempa Kodim 0318/ Natuna Serka Edy Syahputra menghadiri acara rembuk stunting bertempat diaula kantor Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Kamis (17/09).

Dalam kesempatan itu, Babinsa Serka Edy mengatakan bahwa tujuan dari rembuk stunting adalah untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan dalam peningkatan stunting serta meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan ,koordinasi, pemantauan dan evaluasi ,serta sosialisasi dan komunikasi interpersonal dan konsitensi untuk mencapai Desa Sri Tanjung bebas Stunting,”ujarnya.

Kegiatan tersebut juga di pertegas oleh Plh Danramil 02/ Tarempa Pelda Wamada Simare Mare bahwa penanganan stunting dapat dimulai dari dari pemetaan sasaran secara partisipasif terhadap warga desa yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting dalam kader pemberdayaan di desa.

Ditempat terpisah Dandim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan SH.M.Han mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan agar supaya masyarakat mengetetahui tentang Stunting. Dalam menghindari stunting dapat dilakukan melalui penambahan gizi untuk mengatasi penyebab langsung penurunan stunting. Dan memerlukan pendekatan yang menyeluruh bagi warga masyarakat binaan khusususnya jajaran kodim 0318 natuna yang harus dimulai dari pemenuhan prasyarat pendukung.

“Dalam hal ini TNI khususnya Koramil 02/ Tarempa sudah melakukan upaya penurunan stunting di wilayah teritorialnya ” ungkap Dandim.

Kegiatan ini merupakan kebijakan dari Pangdam I/BB Mayjend TNI Irwansyah Ma,M.Sc yang disampaikan kepada Danrem 033/WP Brigjend TNI Harnoto S.Sos bahwa dalam hal ini TNI juga sudah melakukan upaya penurunan stunting dengan bekerja sama dari pemerintah daerah setempat guna mengatasi masalah stunting ini.

“Mari kita budayakan hidup bersih dan sehat serta melaksanakan perbaikan gizi dalaam keluarga untuk mencegah stunting “pungkas Danrem 033/WP.

Dari Natuna Untuk Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here