Cegah Abrasi, Satgas TMMD Tanam Pohon Mangrove di Tepi Pantai Pering

0
91
Dandim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan SH M, Han bersama Satgas TMMD ke -110 melakukan penanaman pohon mangrove di pinggir pantai jalan Pering

Bursakota.co.id, Natuna – Dandim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan SH M, Han bersama Satgas TMMD ke -110 melakukan penanaman pohon mangrove di pinggir pantai jalan Pering menuju pelabuhan Penagi Kecamatan Bunguran Timur, Minggu (14/03/2021).

Selain menjaga hutan mangrove tetap hijau, penanaman pohon mangrove juga bertujuan untuk menjaga abrasi dari hantaman ombak laut. Kegiatan ini merupakan bagian dari program non fisik TMMD ke -110 Kodim 0318/Natuna dengan tema, “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Dansatgas TMMD Letkol (Arm) Asep Ridwan S.H,M.Han ketika memimpin apel personil dilokasi penanaman pohon mangrove menyampaikan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT yang telah memberikan rahmat kesehatan sehingga masih dapat berkumpul untuk melakukan penanaman bibit pohon mangrove yang merupakan bagian dari kegiatan non fisik TMMD ke-110 di Kabupaten Natuna.

“Pertama dan yang utama kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga dapat berkumpul ditempat yang berbahagia ini. Kegiatan ini salah satu sasaran non fisik TMMD ke-110 dan tujuan penanaman ini untuk penghijauan serta penahan abrasi laut, ketika datang musim angin dan musim utara yang extrem,”paparnya.

Dandim berharap kegiatan penanaman mangrove dapat dinikmati oleh masyarakat setempat agar tepi pantai tidak diuruk air laut atau menimbulkan abrasi.

Dandim juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung penanaman pohon mangrove.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas PMD, DLH, Polsek Bunguran Timur, Tokoh Masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung penanaman pohon mangrove ini,”ucap Dandim.

Diwaktu yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Natuna, Boy Wijanarko menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai upaya mendukung program TMMD non fisik untuk menjaga kelestarian lingkungan yang dilaksanakan diwilayah Pering dengan kegiatan menanam manggrove ditepi pantai.

“Harapan kami supaya tidak terjadi abrasi di pantai Pering pada saat musim angin extrem disertai ombak tinggi. Saya sangat apresiasi kepada Dansatgas TMMD ke-110 karena telah melaksanakan kegiatan penanaman pohong mangrove, ini sangat positif hingga berdampak langsung terhadap masyarakat sekitar Pering dan Penagi,”ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh tokoh masyarakat Pering H. Abdullah yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim serta Satgas TMMD karena telah memilih Pering sebagai lokasi penanaman pohong mangrove.

“Saya sangat berterima kasih kepada bapak Dandim yang telah memilih Pering sebagai wilayah penanaman mangrove. Saran saya setelah penanaman ini mohon kiranya kepada kita semua agar dapat memelihara sebagai mana mestinya,”tuturnya.

Dalam kegiatan juga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan.

Turut hadir dlm kegiatan tersebut antara lain, Dandim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan S.H M.Han, Kadis Lingkungan Hidup Boy Wijanarko, Camat Bunguran Timur Hamid Asnan, Danramil 01/Ranai Mayor Inf Narta, Kapolsek Bunguran Timur Kompol M.Sibarani beserta anggota, Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten Arh Agus sungkowo, Lurah Batu Hitam Zainuri, RT Penagi Agus, Masyarakat Pering dan Penagi, serta anggota Satgas TMMD.***
don

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here