Cuaca Buruk di Natuna Belum Berdampak Terhadap Pelayaran Kapal

0
101
Foto ilustrasi cuaca buruk.

Bursakota.co.id, Natuna – Cuaca buruk terutama hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Natuna akhir – akhir ini belum berdampak terhadap pelayaran kapal dari dan tujuan Natuna.

Kapala Kesyahbandaran Ranai, Liber Fery Hutahayan, menyebutkan sejauh ini kondisi cuaca dan gelombang diperairan Natuna masih dalam kategori aman.

Hal ini berpatokan pada hasil prakiraan cuaca yang disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Ranai.

“Kita masih keluarkan izin berlayar kapal, karena memang belum ada peringatan dini cuaca buruk yang dikeluarkan dari BMKG,” ujar Liber, Rabu (01/09/2021).

Sementara itu dari BMKG Ranai menginformasikan bahwa saat ini kondisi cuaca masih dalam kategori aman. Meskipun curah hujan cukup tinggi.

Prakirawan BMKG Ranai, Dani Pangestu mengakui bila musim hujan di Natuna datang lebih awal, dari musim yang biasa terjadi pada bulan September, Oktober, November, Desember dan  Januari.

“Ini dikarenakan kelembapan udara di Natuna lapisan atasnya cukup tinggi, menyebabkan belokan angin yang menciptakan penumpukan awan – awan konfektif diatas pulau Natuna sehingga terjadi hujan, ” jelas Dani, Rabu (01/09/2021).

Namun dani menambahkan, meskipun cuaca saat ini cenderung hujan, akan tetapi masih aman bagi transportasi laut, pelayaran, dan aktivitas nelayan.

Akan tetapi para pengguna transportasi laut dan nelayan dihimbau untuk tetap memperhatikan kondisi cuaca yang bisa berubah sewaktu – waktu.

Sementara itu untuk prakiraan cuaca pada hari Kamis (02/09/2021) BMKG memperkirakan kecepatan angin hingga 30 knot per detik dan kelembapan udara berkisar antara 65 – 95.***(dika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here