Dinsos P3APMD Anambas Akan Rujuk 3 Orang Pasien ODGJ ke RSJ Batam

0
173
Kepala Dinas Dinsos P3APMD Kabupaten Kepulauan Anambas, Usman (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Anambas – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3APMD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) di tahun 2022 ini akan merujuk tiga orang pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Batam, Jum’at (08/04/2022).

Kepala Dinas Dinsos P3APMD Kabupaten Kepulauan Anambas, Usman menjelaskam bahwa untuk di tahun ini pihak mereka akan merujuk tiga orang pasien ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Dan untuk di tahun ini bukan di RSJ Pekanbaru lagi melain ke Kota Batam di Rumah Sakit Jiwa Sudarsono Darmo Suwito.

“Untuk di Tahun ini kita tidak lagi rujuk pasien ke RSJ Pekanbaru, kalau dulu-dulu iya kita masih di Pekanbaru, tapi setelah dibangun tahun lalu di Batam maka bila ada pasien kita akan pindahkan ke Kota Batam saja,” jelasnya kepada media ini saat ditemukan di ruang kerjanya, Kamis (07/4)/2022).

Dirinya juga menyebutkan, bahwa keberangkatan ke tiga pasien itu setalah adanya berkoordinasi dengan pihak keluarga dan Tenaga Kesehatan.

“Untuk saat ini ada 3 orang yang akan kita berangkatkan ke Batam, itu setelah kita dapat izin dari pihak keluarga,” sebut Usman.

Kemudian, Usman juga mengatakan bahwa ketiga orang Pasian tersebut telah lama mengalami ganguan kesehatan jiwa dan termasuk dalam golongan yang cukup khawatir mengganggu kenyamanan masyarakat. Dan saat ini pihak mereka sedang meng melengkapi pengurusan dokumen administrasi para pasien seperti BPJS dan syarat vaksinasi.

“Pasien itu dua orang dari Jemaja dan 1 dari Siantan,” katanya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa debelum diberangkatkan ketiga pasien itu akan diberikan obat terlebih dahulu agar tenang selama perjalanan, serta pihaknya juga akan bekerjasama dengan Satpol PP dan dokter antarkan dengan Ferry ke Batam,

“Nanti, setelah serah terima dengan pihak RSJ Batam maka tanggungjawabnya beralih ke pihak rumah sakit untuk merawatnya,” ungkap Usman. (Jun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini