Diskominfo Kepri Sediakan 100 Mbps untuk Seleksi CPNS

0
45
Peserta CPNS. foto (ilustrasi)

Bursakota.co.id, Kepri – Ada 584 orang yang akan mengikuti seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Kepri pada 15-18 September mendatang. Dinas Kominfo kepri menyediakan 100 megabyte per second (Mbps), untuk mengakomodir ujian secara CAT (computer assisted test).

“BKPSDM sudah menyurati kita dan mereka minta disediakan 20 Mbps untuk seleksi CPNS. Namun untuk kebutuhan itu, kita siapkan 100 Mbps untuk berjaga-jaga,” ujar Drs. Zulhendri, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Kepri, Kamis (9/9).

Lebih lanjut Plt Kepala Bidang E-Government, Deri Noverlian, S.Kom, M.H menjelaskan kebutuhan bandwidth tersebut tidak hanya untuk mengirim hasil ujian peserta ke server Badan Kepegawaian Negara (BKN), namun juga untuk menyiarkan jalannya seleksi secara live, melalui kanal youtube BKN.

“Seperti kemarin seleksi CPNS di Pemko Batam, ada live proses seleksinya. Jadi nilainya ditampilkan secara real time, saat peserta melaksanakan ujian. Saat mereka menjawab, langsung kelihatan nilainya saat itu juga. Agar tidak terjadi kerumunan, tidak disediakan layar lagi. Bisa lihat lewat youtube BKN,” jelas Deri.

Ia juga meyakinkan, jaringan bandwidth akan tetap stabil walaupun cuaca sedang buruk. Jika terjadi listrik padam, maka sudah disiapkan mesin genset sebagai cadangan. “Menjelang genset menyala, ada UPS di masing-masing komputer yang akan membuat komputer tetap menyala,” sebut Deri.

Seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Kepri dilaksanakan dengan protocol kesehatan. Dimana peserta tidak hanya membawa identitas diri dan kartu ujian saja, namun juga harus dilengkapi dengan hasil tes antigen yang non reaktif.

Disamping itu saat mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian, peserta akan dicek suhu tubuhnya. Perangkat seleksi juga berjarak, sesuai protokol kesehatan. “Saat ujian, peserta dilengkapi dengan tisu anti bakteri. Jadi sebelum dan sesudah melaksanakan ujian, perangkat komputer yang disentuh oleh peserta, dilap dengan tisu,” sebut Fery Coloso, Kabid Pengadaan, Informasi Kepegawaian dan Penilaian Kinerja pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepri.

Setiap harinya usai digunakan, ruang seleksi akan disemprot menggunakan disinfektan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri.(***Kristanto)

Editor: Paturrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini