Natuna Bangun Boardwalk Sepanjang 1 Kilo Meter di Hutan Magrove Pering

0
116
Pelantar hutan mangrove sepanjang 1 kilo meter di kawasan hutan bakau Pering, Ranai

Bursakota.co.id, Natuna – Pemerintah Kabupaten Natuna tengah menjalankan kegiatan pembangunan Kawasan Boardwalk Mangrove (Pelantar Mangrove) di wilayah Pering, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur.

Kawasan ini dibangun untuk menambah jumlah obyek wisata di Natuna sebagai bagian dari penunjang kemajuan sektor pariwisata daerah.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Natuna, Marhafiz Luthfi menjelaskan, kawasan Boardwalk itu dibangun sepanjang 1, 050 meter atau lebih dari satu kilo meter.

Anggaran pembangunan ini bersumber dari pemerintah pusat yang dialokasikan melalui kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 1.985.840.491,18.

“Ya pembangunannya sedang berjalan, minggu kemarin saya cek progresnya sudah sampai 15 persen, tapi sampai hari ini saya belum cek lagi, progresnya pasti sudah bertambah,” jelas Marhafiz pekan lalu.

Dikatakannya, kawasan itu akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jalan, gazebo, gerbang, pelantar dan kios tempat jualan. Namun failistas-fasilitas ini disebutnya sangat tergantung dengan prioritas anggaran.

“Dan fasilitas maupun sarana dan prasarana ini bisa saja bertambah nanti karena pengelolaannya akan dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Jadi mereka bisa saja menambahnya secara swadaya nanti,” paparnya.

Berdasarkan pantauan tim media ini dilapangan, kegiatan itu sedang dalam tahap pembangunan pelantar dari arah darat menuju laut. Boardwalk ini memilki empat cabang belokan ke kanan dan kiri.

Sejumlah pekerja juga tampak sedang fokus mengerjakan proyek yang memilki jadwal kerja selama 190 hari itu. Mereka tampak sedang memasang papan pelantar yang berada di atas laut.***dika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here