Pemko Tanjungpinang Fasilitasi Pengobatan dan Rumah Singgah Pasien Tumor Ganas

0
69

Tanjungpinang, Bursakota.co.id — Mengetahui ada warga yang membutuhkan penanganan serius terhadap penyakitnya, Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP didampingi camat Bukit Bestari dan lurah Dompak serta perangkat RT RW setempat, bersama tim dari dinas kesehatan dan direktur RSUD kota Tanjungpinang mendatangi kediaman ibu Zaimah, warga Dompak seberang yang menderita penyakit tumor ganas, Sabtu (15/5).

Diketahui ibu Zaimah adalah warga Boyolali dan menikah dengan warga Tanjungpinang, yang saat ini menumpang tinggal dengan seniman mak dare dompak. Ibu zaimah awalnya mengidap pentakit kista dan sudah mendapat menanganan dari Pemko dengan dibantu pengurusan BPJS kesehatan nya.

“Saya mengalami tumor ganas, kista, dan pembengkakan usus. Sudah pernah menjalani pengobatan di RSUD Tanjungpinang dan RS Awal Bros Batam dengan bantuan biaya pengobatan dari BPJS, dan dinas kesehatan kota Tanjungpinang telah menjamin uang makan dan transportasi dapat di klaim”, jelas Zaimah saat dikunjungi.

Menurut keterangan dari RSUD Kota Tanjungpinang, pada awal bulan Februari ibu zaimah mengalami keluhan sakit perut dan berobat ke puskesmas seijang, kemudian sempat dirawat di IGD RSUD. Selanjutnya dilakukan pengobatan rawat jalan RSUD di poli bedah yang ditangani dr. specialis bedah umum dr.Robert, SpB.

“Juga telah dilakukan operasi tindakan Colotomi (pembuatan lubang BAB di bagian perut kiri) karena di bagian saluran pembuangan akhir ada tumor yang menghambat”, jelas direktur RSUD Yunisaf.

Kemudian selanjutnya di rujuk ke RS Awal Bros batam untuk dilakukan operasi pengangkatan kista. Dan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, di diagnosis cancer ganas saat beliau akan menjalani kemoterapi yang di jadwalkan pada hari Senin tanggal 17 Mei 2021 di RS Awal Bros batam.

“Secara fasilitas sudah terpenuhi, semua sudah ditanggung BPJS. Biaya perjalanan dan uang makan juga di fasilitasi Dinkes kota yang diberikan secara bertahap. Rumah singgah beserta mobil operasional rumah singgah milik pemko juga disediakan”, tambah direktur RSUD tersebut.

Rahma beserta Baznas yang ikut menjenguk memberikan bantuan untuk kebutuhan harian keluarga ibu Zaimah. Baznas menyerahkan bantuan dari zakat ASN untuk meringankan kebutuhan keluarga dan biaya pengobatan lainnya.

“Mudah-mudahan ibu cepat sembuh, segera diangkat penyakitnya. Jangan fikirkan biaya pengobatan, yang terpenting adalah semangat untuk sembuh”, ujar Rahma.

Zaimah yang menerima langsung bantuan yang diberikan mengucapkan terima kasih atas semua yang telah diterimanya.

“Terima kasih ibu walikota yang sudah menjenguk saya, dan semua yang datang. Terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang selama ini sudah saya dan keluarga terima. Dengan bantuan ini sangat meringankan kebutuhan kami”, ucapnya haru. (Humpro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here