Peran Aktif Babinsa Koramil 02/Tarempa Dalam Musrenbangdes

0
50

Bursakota.co.id, Serat – Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana warga saling bertemu dan mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek.

Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada perintah yang levelnya lebih tunggi, dan melalui badan perncanaan (Bappeda) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar usulan dan alokasi anggaran.

Menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Musrenbang, oleh karena itu, identik dengan diskusi dimasyarakat desa tentang kebutuhan pembangunan daerah.

Seperti yang dilaksanakan oleh perangkat pemerintah desa serat kecamatan siantan timur kabupaten kepulauan anambas di laksanakan rapat musrenbang desa.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa Serat, Babinsa, BPD Desa Serat, Perangkat Desa Serat, Perwakilan dari Kecamatan, Kepala Dusun , Ketua RT dan RW se dewasa Serat, Tokoh masyarakat, tokoh Agama , dan masyarakat Desa Serat.

Musrenbang ini membahas perencanaan pembangunan di Desa Serat Kecamatan Siantan Timur KKA.

Babinsa koramil 02 / Tarempa Kodim 0318 / Natuna Serda Ganda Fitrianto ikut hadir dalam pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang), sebagai aparat kewilayahan Babinsa harus tau dan wajib mengetahui rencana pembangunan di desa masing – masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat desa tentang segala apa yang mungkin hambatan timbul dan langkah – langkah antisipaainya,”ucap Serda Ganda.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan SH.M.Han mengatakan bahwa peran TNI melalui satuan komando kewilayahan yakni Koramil adalah salah satu pendukung program percepatan pembangunan didesa sesuai tugas pokok selain perang yaitu membantu tygas pemerintah daerah sampai tingkat desa, membantu pemda dalam bidang pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” pungkas Dandim.

Kegian ini merupakan kebijakan dari Pangdam I/BB Mayjend TNI Irwansyah Ma,M.Sc yang disampaikan secara lisan kepada Danrem 033 / WP Brigjend TNI Harnoto S.Sos bahwa Musrenbang merupakan wadah bagi desa dalam mengembangkan potensi – potensi yang ada didesa itu sendiri dalam melaksanakan pembangunan.

“Hal ini seiring dengan tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang ( OMSP ) yaitu membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan , untuk lingkup babinsa adalah si desa nya masing – masing”, pungkas Pangdam I/BB.

DARI NATUNA UNTUK INDONESIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here