Ratusan Warga Binaan Lapas Suliki Ikut Nyoblos pada Pemilu 2024, Ini Kata Kamesworo

0
13
Foto : Suasana Pemilu 2024 di Lapas Kelas III Suliki, Rabu (14/2/2024).

Bursakota.co.id, Lima Puluh Kota – Ratusan Narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kelas III Suliki, memberikan Hak Suaranya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di dalam Lapas.

Adapun satu tempat pemungutan suara (TPS) di dalam Lapas yang nantinya digunakan untuk para warga binaan menentukan pilihannya.

Kalapas Kelas III Suliki, Kamesworo mengatakan bahwa satu TPS di Lapas ini merupakan TPS khusus, artinya dikhususkan untuk warga binaan di dalam Lapas yang memang secara aturan mereka juga sama memiliki hak dalam pemilihan umum.

“Segala persiapan yang dilakukan sudah sangat matang, Lapas terus koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat,” kata Kames.

Ia menjelaskan berdasarkan aturan serangkaian dari awal juga telah dilakukan misalnya dengan sosialisasi serta simulasi yang dilakukan oleh KPU 50 Kota.

“Satu TPS disini yakni TPS Khusus 901 Lapas Suliki, serta ada petugas kami yang telah dilantik menjadi KPPS dan juga telah mengikuti bimtek,” tutur Kalapas Suliki itu.

Kames sebut Area meja kotak suara dan bilik suara juga dihiasi dengan tema Merah Putih yang menjadi ciri khas Indonesia raya menggambarkan Persatuan dan kesatuan dalam Perbedaan.

“Kami memantau dan melihat langsung prosesi Pemilu di TPS khusus 901 Lapas Suliki berjalan aman dan lancar, tertata rapih dan tertib,” terangnya.

Hadir juga dalam kunjungan dan monitoring di Lapas Kelas III Suliki tersebut, Kepala Divisi Imigrasi Novianto Sulastono turut memantau jalannya Pemilu di TPS khusus Lapas Suliki. (Warman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini