Revitalisasi 200 Rumah Suku Laut di Lingga Rampung, Warga Senang

0
44
Ket Foto : Rumah Suku Laut Lingga

Bursakota.co.id, Lingga – Revitalisasi 200 rumah suku laut yang tersebar di 8 lokasi di kabupaten lingga, telah 100 persen rampung dikerjakan pada Januari 2024. Masyarakat pun mengaku senang mendapatkan rumah baru.

200 rumah suku laut tersebut tersebar di 8 lokasi di Kabupaten Lingga diantaranya, Air Ingat Desa Baran, Mentengah, Penaah, Tajur Biru, Temiang Lingga, Pasir Panjang, Tanjung Kelit, dan Kentar Akat.

Pembangunan rumah suku laut dibangun menggunakan dana sebesar Rp 7 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2023, dan setiap rumah mendapatkan anggaran sebesar Rp35 juta.

Awalnya, revitalisasi diproyeksi selesai pada Desember 2023 lalu. Namun, baru bisa diselesaikan dan diserahkan pada masyarakat suku laut pada Januari 2024.

Revitalisasi ini pun dilakukan bertujuan untuk mempercepat pengentasan kemiskinan ekstrim di Provinsi Kepri.

Ketua Pokmas Desa Mentengah mengatakan, keterlambatan di sebabkan oleh progres pekerjaan yang terkendala cuaca ekstrim, dan kondisi pasang surut air laut di akhir tahun 2023 lalu.

Sementara itu, John dan ari yang menerima bantuan revitalisasi rumah mengaku senang mendapatkan hunian sangat layak untuk ditinggali.

Dimana, kondisi rumah mereka sebelumnya terbilang sudah tidak layak untuk ditempati. Ia juga berterima kasih pada Gubernur Kepri yang mewujudkan bantuan rumah suku laut melalui Dinas Perkim Provinsi Kepri.(Bk/Iwan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini