SMA Negeri 1 Kepulauan Posek Lantik Penegak Bantara Pramuka

0
34
Pelantikan Penegak Bantara Pramuka di SMA Negeri 1 Kepulauan Posek, Lingga (foto istimewa)

Bursakota.co.id, Lingga – SMA Negeri 1 Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga, Kepri baru saja melakukan pelantikan penegak Bantara Pramuka bagi para pelajarnya.

Sekolah yang baru berdiri sejak 2018 ini, mengaktifkan ekstrakurikuler Pramuka sejak pertengahan Januari 2022 atau sejak adanya Kepala Sekolah definitif.

SMAN 1 Kepulauan Posek yang lolos sebagai sekolah penggerak tahun ini memulai dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka setiap Kamis. Pun di awal tahun, setelah kegiatan MPLS, dilanjutkan dengan kegiatan pramuka Model Blok bagi siswa baru.

“Setelah calon penegak (cagak) menyelesaikan pengisian uji Syarat Kecakapan Umum (SKU) Bantara sebanyak 23 item dan dinyatakan layak oleh Pembina satuan masing-masing, maka dilakukan pelantikan,” kata Kepala SMAN 1 Kepulauan Posek, Sugeng Pujiarto, Kamis (17/11/2022).

“Upacara Pelantikan Bantara dilaksanakan pada hari Sabtu lalu,” sambungnya.

Acara pelantikan dimulai dengan upacara pembukaan adat ambalan dengan dihiasi penampilan tarian kolosal dan tari massal Sipong-Sipong oleh seluruh Cagak SMAN 1 Kepulauan Posek.

“Petugas upacara Pelantikan semuanya dari Penegak SMAN 2 Singkep, mereka datang dari Dabo menyebrang ke Pulau Posek,” jelasnya.

Bahkan dalam kegiatan, pelantikan diakhiri dengan posesi membasuh kaki ibu, yang membawa suasana haru seluruh hadirin.

Suasana halaman SMAN 1 Kepulauan Posek seketika mengharu penuh suara isak tangis Bantara dan ibu-ibu yang larut dalam keharuan. Beberapa pembina yang menyaksikan ikut menitikkan air mata sedih.

“Untuk meriahkan, malamnya edentik dengan penyalaan api unggun, bukan hanya api unggun yang kita nyalakan, kita juga menyalakan lampu LED yang membentuk siluet tunas Kelapa di samping lapangan,” tuturnya.

Mengingat ini kegiatan pelantikan Perdana, untuk memberi kesan pihaknya mempersembahkan hiburan bagi masyarakat setempat, yang turut datang menghadiri kegiatan tersebut.

Baik siang maupun malamnya, di tepian lapangan sekolah yang berpagar kayu penuh oleh masyarakat Busung Panjang yang menonton.

“Selain sebagian orang tua bantara yang sengaja menginap di Pulau Panjang untuk menyaksikan seluruh acara pelantikan,” ucapnya.

Sugeng mengharapkan, ekstrakurikuler Pramuka terus aktif, apalagi saat ini SMAN 1 Kepulauan Posek baru saja terakreditasi.(Bk/Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here