Pemkab Anambas Selenggarakan BIAN Tahap I di SDN 001 Tarempa

0
41
Penyelenggaraan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahap I di SDN 001 Tarempa (Foto Junaidi)

Bursakota.co.id, Anambas РPemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB), Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahap I.

Kegiatan tersebut berlangsung di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Tarempa, Jalan Raden Saleh, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (18/05/2022).

Di kesempatan itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadinkes PPKB) (KKA), mengatakan, bahwa kegiatan pencanaan imunisasi anak nasional ini berdasarkan dari keputusan Menteri Mentri Kesehatan RI, (Menkes).

“Kegiatan ini berdasar dari keputusan Menkes RI pada 11 April Tahun 2022 dan instruksi Gubenur Kepulauan Riau Nomor 440/1052/Dinkes/2022, pada tanggal 27 April tahun 2022,” Ungkapnya saat meberikan sambutan.

Kemudian, dirinya juga mengatakan, sejak Covid-19 pelaksanaan kegiatan imunitas rutin tidak dapat berjalan secara optimal, itu berdasarkan dari tahun terakhir yang menunjukkan penurunan yang signifikan, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan, dengan adanya Bulan imunisasi anak nasional atau (BIAN).

“Dengan kegiatan pemberian satu dosis imunisasi tambahan campak dan rebella secara massal dapat memutuskan transmisi terhadap penularan virus tersebut dan juga sebagai upaya untuk melengkapi imunisasi yang dikenal dengan istilah imunisasi kejar bagi anak balita, ” Katanya.

Selain itu, ia juga menyampaikan, adapun sasaran imunisasi kejar yaitu anak dengan usia12 bulan sampai dengan 59 bulan, sedangkan untuk sasaran sasaran imunisasi MR anak usia 9 tahun sampai dengan usia 15 tahun. sementara sasaran BIAN di Kepulauan Anambas untuk Campak sebanyak 13.600 anak, sasaran IPV sebanyak 1.900 anak, sasaran OPV 833 anak dan sasaran DPTHBHiB sebanyak 379 anak.

“Kegiatan ini tentunya memiliki tantangan jadi bukan hanya samata – mata menjadi tanggung jawab Dinkes saja, namun kegiatan Nasional ini tanggung jawab kita bersama, baik Pemerintah Daerah, maupun di Desa dan dukungan dari setiap orang tua, karna imunisasi sangat memberi banyak manfaat kepada anak – anak,” Sampainya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Anambas melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Harianto menyampaikan, sebagaimana perlu ketahui bersama bahwa kegiatan tahap I ini dilaksanakan secara Nasional, Bulan Mei Tahun 2022 di Wilayah khususnya Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau Dan Kepulauan Riau.

“Alhamdulilah kegiatan hari ini kita laksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas di SD Sekolah Dasar Negeri 001 Tarempa,” ucapnya.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah mengapresiasi atas kegiatan sosialisasi imunisasi yang diselenggarakan dari Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Kepulauan Anambas bersama Tim Upt Puskesmas Tarempa,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara BIAN, tersebut FKPD, OPD, Kapolres, Danlanal Tarempa, Danramil, Kacabjari Natuna di Tarempa, Camat Siantan, Lurah, Kades, Tokoh masyarakat. (Jun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here