Stok Vaksin Astrazenca Nihil, Masyarakat Natuna Belum Bisa Vaksin Kedua

0
23
Vaksin Astrazenca (foto/net)

Bursakota.co.id, Natuna – Ketersediaan vaksin jenis Astrazenca di Kabupaten Natuna saat ini dinyatakan nihil, itu terjadi sejak 26 Januari 2022.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna yang juga sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah.

“Iya, hingga saat ini vaksin Astrazenca masih kosong,” kata Hikmat melalui sambungan seluler, Senin (31/1/2022).

Sementara itu lanjut Hikmat, janis vaksin yang lain masih tersedia di Natuna, seperti vaksin Sinovac, Pfizer dan Moderna.

Menurutnya kekurangan stok vaksin jenis Astrazenca berpengaruh terhadap perkembangan capaian vaksinasi.

“Terutama perkembangan vaksinasi dosis kedua, misalnya untuk vaksin pertama pasien menggunakan vaksin Astrazenca maka vaksin keduanya juga harus Astrazenca tidak bisa menggunakan vaksin lain, jadi kekosongan stok ini berpengaruh pada pencapaian vaksinasi,” tutur Hikmat.

Ia melanjutkan, sedangkan untuk vaksinasi booster atau tambahan, pasien tidak diharuskan menggunakan vaksin yang sama, misalnya vaksin untuk tahap pertama dan kedua menggunakan vaksin Astrazenca, maka untuk vaksinasi booster berikutnya bisa menggunakan vaksin jenis lain seperti vaksin Pfizer maupun Moderna.

“Jadi, kalau untuk vaksinasi booster itu tidak terhalang dengan kekosongan stok vaksin Astrazenca,” ujarnya.

Kendati demikian, dengan kekosongan stok vaksin jenis Astrazenca di Natuna, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna telah melakukan koordinasi dengan provinsi.

“Rencananya tanggal 2 Februari ini vaksin Astrazenca akan dikirim dari provinsi menggunakan PAUM,” ucap Hikmat.

Sementara itu, Iwan (27) salah seorang warga Ranai, mengaku kesulitan untuk mendapatkan vaksinasi kedua, pasalnya saat mendapatkan vaksinasi pertama ia menerima suntikan vaksin jenis Astrazenca.

“Kemarin vaksin pertama saya menggunakan Astrazenca, tadi saya mau vaksin kedua ternyata tidak bisa, karena stok vaksin Astrazenca habis, jadi saya harus menunggu,” kata Iwan.

Ia berharap stok vaksin jenis Astrazenca di Natuna segara disuplai agar masyarakat segera bisa menerima suntikan vaksin dosis kedua.

Sementara itu, Hikmat juga mengajak seluruh masyarakat Natuna untuk turut menyukseskan program vaksinasi.

“Mari bersama-sama kita sukseskan program vaksinasi ini, agar penyebaran virus Corona bisa ditangani sehingga Pandemi Covid-19 segera berakhir,” ajak Hikmat. (dika)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here