TBM Bersama Perpustakaan Daerah Anambas Gelar Lomba Mewarnai dan Baca Puisi

0
27
Lomba mewarnai tingkat anak-anak dalam rangka memperingati HAN 2022 (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Anambas – Dalam rangka memperingati hari Anak Nasional, Taman Bacaan Masyaralat (TBM) Pesona Ilmu bersama TBM Anak Bangsa, Perpustakaan Daerah Kepulauan Anambas, Anambas Foundation dan Forum TBM Anambas menggelar aksi perlombaan khusus anak di Desa Piabung, Kecamatan Palmatak, Sabtu (30/7/2022).

Ketua pengurus TBM Pesona Ilmu, Azizah menjelaskan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan wujud pengenalan sejak dini kepada anak agar berliterasi sejak dini.

“Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2022 dengan tema ”Anak Terlindungi Indonesia Maju”, TBM Pesona Ilmu Desa Piabung Kecamatan Palmatak mengadakan berbagai kegiatan perlombaan diantaranya lomba mewarnai untuk tingkat Paud dan TK, lomba puisi untuk tingkat SD dan lomba membacakan gurindam untuk tingkat SMP Se-Kecamatan Palmatak.,” jelas Azizah yang juga sebagai penulis buku Gurindam Kalbu.

Pada kegiatan tersebut, Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, turut hadir dan memeriahkan dengan membawa berbagai kejutan untuk para peserta. Perwakilan dari Perpustakaan Daerah, Reny Perdayanti, ST, M.Si, menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan-kegiatan serupa yang bertujuan untuk meningkatkan literasi generasi muda Anambas yang gemar membaca. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Pimpinan Daerah yang sangat mengedepankan peningkatan SDM di Kep. Anambas.

“Perpustakaan Daerah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Panitia atas terlaksananya kegiatan ini. Kami merasa sangat senang melihat antusiasme para peserta yang luar biasa” ucap Reny.

Pada kesempatan tersebut Perpustakaan Daerah membawa begitu banyak bingkisan dan hadiah yang dipersiapkan untuk para peserta agar anak-anak lebih semangat

Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung serta mendorong semakin banyak dan berkembangnya TBM yang ada di Kep. Anambas. Melalui strategi ini, niscaya minat baca anak-anak akan terus berkembang dan menjadikan perpustakaan yang ada sebagai pusat aktivitas anak-anak diwaktu senggang.

“Semoga kegiatan ini menjadi semangat untuk anak-anak membaca di TBM dan bisa juga sebagai wahana rekreasi kegiatan yang positif,” kata Reny Perdayanti.

Dari 48 Peserta tingkat Paud sampai tingkat SMP, perpustakaan daerah memberikan bingkisan untuk anak-anak yang mengikuti perlombaan.

Sementara itu, Ketua Forum TBM Anambas, Hedtiandri juga sangat mendukung kegiatan acara ini, karena pentingnya pendidikan harus disuport juga dengan kegiatan literasi yang bermanfaat.

“Kita sebagai wadahnya TBM tentu saja sangat mendukung acara seperti ini, tentu saja harapannya agar minat masyarakat dan anak-anak dalam membaca buku juga berliterasi bisa timbul, sehingga akan banyak TBM di Anambas sebagai wadah membaca seluruh golongan masyarakat,” ucap Hedtiandri.

Pada kesempatan itu, Anambas Foundation juga turut memberikan edukasi kepada anak-anak dan orang tua agar selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, dengan tidak membuang sampah di laut dengan tujuan menjaga ekosistem laut. (Jun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here